June 18, 2024

Berselisih Soal COVID-19, Presiden Brasil Pecat Menteri Kesehatan

1 min read

Presiden Brasil Jair Bolsonaro

Brasil – Presiden Brasil Jair Bolsonaro memberhentikan Menteri Kesehatan Luiz Henrique Mandetta. Keputusan itu dilakukan karena Bolsonaro dan Mandetta memiliki perbedaan pandangan dalam mencegah penanganan pandemi virus corona (COVID-19).

“Saya tidak mengutuk, menuduh, dan mengkritik Mandetta,” kata Bolsonaro kepada wartawan di Istana Presiden Planalto di Brasilia, Kamis waktu setempat.

Dalam menangani virus corona, Bolsonaro mengatakan Mandetta menggunakan perspesktif dari latar belakangnya sebagai dokter. “Dia pikir harus melakukannya pada saat itu. Isolasi menjadi kenyataan, tetapi kita tidak dapat membuat keputusan yang akan menghancurkan pekerjaan yang telah dilakukan,” ujar dia.

Bolsonaro pun menunjuk Ahli Onkologi Nelson Teich sebagai menteri kesehatan yang baru. “Segalanya akan dianalisis dengan cara ilmiah. Ada keselarasan antara presiden, saya, dan kementerian. Kami bekerja untuk memastikan masyarakat kembali ke kehidupan normal secepat mungkin,” ujarnya.

Namun keputusan yang dibuat presiden menuai protes dari Lucas Barreto, perwakilan pemerintahan Bolsonaro di senat. “Saya keluar karena memecat Luiz Henrique Mandetta tidak masuk akal,” katanya kepada wartawan.

Adapun jumlah kasus di Brasil akibat virus corona sudah mencapai 29 ribu kasus dan lebih dari 1.760 jiwa yang meninggal. Hal ini menempatkan Brasil berada di urutan kedua setelah Amerika Serikat di Belahan Barat.

WASHINGTON POST