July 22, 2024

Kremlin Pastikan Vladimir Putin Tidak Lepas Jabatannya

1 min read

Vladimir Putin

Rusia – Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, memastikan Presiden Rusia, Vladimir Putin, tidak akan melepaskan jabatannya pada tahun depan. Pernyataan ini untuk menghapus spekulasi tentang Putin yang diduga mengidap parkinson sehingga berencana mengundurkan diri dari kursi kekuasaannya.

“Ini benar-benar tidak masuk akal,” kata Peskov, Jumat lalu, seperti dikutip dari Reuters. “Semuanya baik-baik saja dengan presiden.”

Spekulasi tentang rencana mundurnya Putin dihembuskan oleh ilmuwan politik Moskow, Valery Solovei. Dia menyatakan, mungkin, Putin memiliki gejala parkinson. Bahkan, kata Solovei, ada pihak yang menekan Putin untuk segera mundur. “Keluarganya itu memiliki pengaruh besar padanya. Dia bermaksud mengumumkan rencana penyerahannya pada Januari,” ujarnya

Terkait komentan Solovei, Peskov menegaskan bahwa Putin tidak akan melepas jabatannya. “Tidak,” jawabnya datar. Solovei melanjutkan, mungkin, Putin menderita gangguan degeneratif pada sistem saraf pusat karena pria 68 tahun itu baru-baru ini terlihat menunjukkan gejala penyakitnya.

Baru-baru ini, seorang pengamat yang mempelajari rekaman Putin mencatat bahwa kaki orang nomor satu Rusia itu bergerak terus-menerus. Dia tampak kesakitan sambil memegang sandaran tangan kursi. Jari-jarinya juga terlihat bergerak-gerak saat memegang pena dan cangkir, yang diyakini berisi pereda nyeri.

NYPOST.COM