May 24, 2024

Ini Persyaratan Ajukan Eutanasia di Selandia Baru

1 min read

Ilustrasi Eutanasia

Selandia Baru – Hasil jajak pendapat menunjukkan sebanyak 65,2% warga negara Selandia Baru mendukung Undang Undang Pilihan Untuk Mengakhiri Hidup. Dengan begitu, kini seseorang berhak untuk meminta eutanasia (mengakhiri hidup yang dibantu secara medis).

Lantas, apa saja persyaratan yang dibutuhkan bagi seseorang yang ingin mendapatkan izin eutanasia? Seperti dikutip dari BBC.COM, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi.

Pertama adalah menderita penyakit mematikan yang kemungkinan akan mengakhiri hidup mereka dalam enam bulan. Kedua, menunjukkan penurunan kemampuan fisik yang signifikan. Terakhir yaitu pasien mampu membuat keputusan setelah mendapatkan informasi yang komprehensif tentang eutanasia.

Regulasi memberi wewenang kepada dokter atau perawat meresepkan obat dengan dosis mematikan untuk dikonsumsi bagi mereka yang mengajukan eutanasia dengan di bawah pengawasan mereka, jika semua persyaratan terpenuhi. Regulasi juga menyebutkan bahwa seseorang tidak dapat memenuhi syarat eutanasia apabila karena usia lanjut, penyakit mental atau kecacatan saja.

BBC.COM