May 22, 2024

Inggris Tutup Kantor Kedubes di Pyongyang

1 min read

Colin Crooks

Pyongyang – Pemerintah Inggris menutup sementara kantor kedutaan besarnya di Pyongyang, Korea Utara. Seluruh staf diplomatik telah meninggalkan negara tersebut meski Korut tengah melakukan pembatasan aktivitas yang ketat terkait pandemi virus corona (Covid-19).

“Kedutaan Besar Inggris di Pyongyang ditutup sementara pada 27 Mei 2020 dan semua staf diplomatik sudah meninggal Korea Utara,” kata Duta Besar Colin Crooks di akun Twitter miliknya.

“Pembatasan untuk masuk ke negara membuat kami tidak bisa melakukan rotasi staf kami dan mempertahankan operasional Kedutaan Besar,” kata Kantor Luar Negeri Inggris. Meski demikian, Inggris tetap mempertahankan hubungan diplomatik dengan Korea Utara dan akan segera kembali membuka kantor kedutaan besar di Pyongyang.

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, NK News yang berbasis di Seoul, Korea Selatan, melaporkan bahwa para diplomat Inggris melintas perbatasan ke China melalui jalur darat karena layanan penerbangan tidak beroperasi.

Sampai saat ini, Pemerintah Korut belum mengonfirmasi kasus virus corona. Meski sempat menyatakan tidak ada kasus, Pemerintah Korut melarang semua perjalanan lintas batas dan membuat warga negara asing menghabiskan berminggu-minggu di tempat karantina.

SCMP.COM