February 21, 2024

Tingkatkan Kualitas Pemain Muda, New Orleans Tunjuk Stan Van Gundy Jadi Pelatih

2 min read

Stan Van Gundy

New Orleans – New Orleans Pelicans menunjuk Stan Van Gundy untuk mengisi kursi pelatih yang sebelumnya ditempati Alvin Gentry. New Orleans menunjuk Van Gundy karena kemampuannya dalam membangun skuad yang berisikan pebasket muda potensial.

“Saya senang bergabung dengan tim berbakat seperti New Orleans Pelicans. Merupakan suatu kehormatan untuk bekerja sama dengan para pemain kami, Benson dan David Griffin, Trajan, staf mereka dan orang-orang hebat di New Orleans,” kata Van Gundy.

Sebelum menjabat sebagai pelatih baru, Van Gundy sempat menjadi analis NBA di Turner Sports. Lebih jauh lagi, pelatih berusia 61 tahun ini telah memiliki pengalaman 12 tahun sebagai juru taktik dari 2003 hingga 2018. Selama kurun waktu tersebut, dia pernah menangani Miami Heats (2003-2006), Orlando Magic (2007-2012) dan Detroit Pistons (2014-2018).

Dari tiga klub tersebut, Van Gundy berhasil mengangkat potensi para pebasket muda. Sebut saya Dwyane Wade, Dwight Howard, dan Andre Drummond. Kini, Van Gundy akan menangani Lonzo Ball, Zion Williamson, Brandon Ingram, Jaxson Hayes, serta Nickeil Alexander Walker. “Saya tidak sabar untuk berbicara dengan para pemain dan memulai prosesnya,” kata Van Gundy.

Selain spesialis dalam melatih para pemain muda, Van Gundy juga memiliki kemampuan agar tim memiliki pertahanan yang tangguh. Bersama Miami, Wade dan kawan-kawan tidak pernah keluar dari peringkat 10 besar dengan rating 103,4 pada 2005-2006. Adapun Orlando berada di peringkat 5 besar selama tiga musim berturut-turut (2008-2011). Sedangkan peringkat Pistons terus meningkat sejak kedatangannya, yang semula di posisi 25 kemudian masuk peringkat 10 besar pada dua musim terakhir periode kepelatihannya.

“Pelicans memilih berdasarkan kemampuan SVG sebagai guru bagi pemain muda, sejarahnya dalam membangun tim dengan pertahanan teratas, dan visinya untuk membuat daftar. Keputusan personalnya di Detroit bukan merupakan sebuah faktor pencarian. Dia datang untuk melatih,” kata jurnalis senior ESPN, Adrian Wojnarowski.

Pada musim lalu, New Orleans memiliki catatan yang buruk. Tim ini hanya mampu memenangkan 30 pertandingan dan menderita 42 kekalahan. Lonzo dan kawan-kawan hanya mampu meraih dua kemenangan dari delapan pertandingan terakhir di sisa musim tersebut.

“Sumber mengatakan, Stan Van Gundy telah menyetujui kontrak 4 tahun sebagai pelatih kepala Pelicans yang baru,” tulis Shams Charania, analis olahraga.

NBA.COM