October 7, 2024

Skenario Bank BTN Sambut New Normal

2 min read

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Pahala N. Mansury memberikan bantuan untuk korban bencana gempa di Ambon pada Acara Perayaan Natal di Menara BTN, Jakarta, Sabtu (14/12). Selain untuk Ambon, perseroan juga menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi Panti Asuhan Karya Anak Perdamaian.

Jakarta – Sesuai dengan arahan pemerintah terkait antisipasi skenario New Normal khususnya di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan kesiapannya untuk memberlakukan skenario normalitas baru tersebut terhitung mulai 2 Juni 2020.

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan pemberlakuan skenario New Normal tersebut juga dilakukan sebagai bentuk adaptasi perseroan di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kami terus beradaptasi dengan merancang dan menerapkan skenario New Normal yang sesuai dengan budaya dan bisnis perseroan, sehingga Bank BTN tetap dapat memberikan pelayanan maksimal bagi nasabah dan debitur, namun tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan pegawai BTN,” jelas Pahala di Jakarta, Senin (1/6).

Dalam skenario normalitas baru ini, Bank BTN pun akan membuka kembali seluruh outlet perseroan. Outlet-outlet tersebut juga akan beroperasi normal mulai Senin hingga Jumat dengan jam layanan mulai pukul 09.00-15.00 waktu setempat. “Namun, kami tetap akan menyesuaikan dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat dan Daerah terkait dengan operasional jaringan kantor kami tersebut,” tutur Pahala.

Untuk melayani nasabah, emiten bersandi saham BBTN ini akan memasang akrilik pada unit teller service, customer service, dan consumer loan service yang berhubungan langsung dengan nasabah. Bank BTN juga akan memasang penanda jarak pada wilayah antrian, kursi nasabah, ruang ATM dan berbagai area lain yang diakses banyak pihak untuk memastikan pemenuhan aturan physical distancing.

Pahala juga menyebutkan bakal mengurangi jumlah orang dalam ruang outlet. Bank BTN akan menempatkan petugas keamanan khusus untuk mengatur jarak antar nasabah. Ke depannya, perseroan juga bakal mengatur kedatangan nasabah berdasarkan kesepakatan. “Saat ini, Bank BTN sedang mengembangkan aplikasi antrian online dan pembukaan rekening online, sehingga diharapkan dapat memangkas proses pengisian data saat nasabah datang ke outlet, kata Pahala.

Selain itu, Bank BTN tetap memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) dengan presentase maksimal sebesar 70%. Pahala merinci pemberlakuan presentase tersebut berdasarkan kategori kritikal dan bergantung pada kewenangan masing-masing Kepala Cabang. “Kebijakan WFH akan menyesuaikan usia pegawai dan riwayat penyakit. Kami berupaya maksimal untuk memprioritaskan kesehatan para pegawai Bank BTN,” jelas Pahala.

Sosial distancing juga tetap diberlakukan bagi pegawai BTN di ruang kerja. Penggunaan ruangan pun dipastikan hanya sebesar 50% dari kapasitasnya. Secara berkala, Bank BTN juga akan melaksanakan rapid test bagi seluruh pegawainya. Pelaksanaan rapid test tersebut akan menyesuaikan tingkat risiko pegawai dan kondisi wilayah masing-masing.

“New Normal butuh kesiapan semua pihak dan kami akan turut mengawal pelaksanaannya di internal BTN secara maksimal dengan menjaga kesehatan pegawai agar dapat memberikan pelayanan secara optimal kepada seluruh nasabah dan debitur Bank BTN,” tutur Pahala.