June 23, 2024

Xenia Terlaris ke-3 di Segmen MPV Low Hingga April 2020

2 min read

Daihatsu Xenia.

Jakarta – Pandemi virus corona (COVID-19) memberikan tantangan bagi industri dan pasar otomotif nasional. Kondisi ini menyebabkan penjualan ritel pasar otomotif nasional hanya mencapai 234 ribu unit dari Januari-April 2020 atau turun 28,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pada segmen MPV Low, walaupun mengalami penurunan, segmen ini masih menjadi kontributor terbesar di pasar otomotif Indonesia. Tercatat, penjualan ritel hingga 4 bulan pada tahun ini, MPV Low berkontribusi sekitar 20,8% dari total pasar otomotif Indonesia. Pada periode yang sama, Daihatsu Xenia menjadi mobil MPV Low terlaris ke-3 dan telah terjual lebih dari 5.000 unit, dengan pangsa pasar 10,1% dalam kurun waktu 4 bulan.

Hal ini membuktikan bahwa Xenia yang telah berkiprah selama lebih dari 16 tahun, tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia. Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengatakan penjualan ritel Daihatsu mencapai 44.346 unit atau turun sekitar 26/9%. Meski terdapat penurunan secara volume pada pasar otomotif nasional, penjualan Daihatsu mengalami kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2%.

“Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segment MPV Low, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ke-3 dipilih oleh masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” ujar Amelia.

Sejak diluncurkan pada 2004 hingga April 2020, Daihatsu Xenia telah terjual lebih dari 670 ribu unit dan menjadi model paling favorit di Indonesia, sehingga banyak pemain memasuki segmen ini. Terbukti pada tahun 2004 hanya ada 2 merek, namun sekarang terdapat 7 merek yang bersaing di segmen ini.

Perlu diketahui, Xenia mengalami perubahan model secara total sebanyak 2 generasi. Grand New Xenia hadir dengan desain dan fitur yang lebih keren, performa dan kenyamanan yang lebih baik, serta hadir dengan total 10 varian.