February 20, 2024

Pemerintah China Bantah Minta NBA Pecat Manajer Houston Rockets

1 min read

Komisioner NBA Adam Silver

China – Kementerian Luar Negeri China membantah tuduhan bahwa pemerintahnya meminta NBA untuk memecat manajer umum Houston Rockets, Daryl Morey. Juru Bicara Kemenlu, Geng Shuang, menegaskan pemerintah tidak bisa melakukan intervensi sejauh itu.

“Saya baca berita di media mengenai laporan sebelumnya. Saya ingin memverifikasi ini dengan agensi terkait. Ternyata pemerintah Tiongkok tidak pernah membuat permintaan itu,” kata Geng.

Sebelumnya, Komisinoer NBA, Adam Silver, yang hadir menghadiri KTT 100 pada Kamis lalu mengatakan tentang kejatuhan antara liga dan Tiongkok. “Kami menjelaskan bahwa kami diminta memecatnya oleh pemerintah Tiongkok, pihak-pihak yang bekerja sama dengan kami, pemerintah dan bisnis,” tegas Silver.

Silver melanjutkan peluang untuk memecat Morey tidak akan terjadi. “Tidak ada kemungkinan. Kami bahkan akan mendisiplinkannya,” ujarnya.

Pada 4 Oktober lalu, Morey menyatakan dukungannya kepada aksi demo di Hongkong melalui akun Twitter-nya. Namun, sesaat kemudian, cuitannya segera dihapus. Akan tetapi, Morey tak kunjung juga melakukan penjelasan kepada NBA.

Alhasil, China Media Group (CMG) menangguhkan kerjasamanya dengan NBA. Saluran televisi olahraga milik pemerintah menghapus semua konten yang berhubungan dengan NBA. Dan, beberapa perusahaan China juga memutus kemitraan pendanaan mereka terhadap NBA.

Silver mengatakan peristiwa tersebut sangat merugikan NBA. “Kerugiannya sangat besar. Permainan kami tidak kembali mengudara di China seperti yang kami bicarakan. Kami akan melihat apa yang terjadi selanjutnya. Saya tidak tahu ke mana kami akan pergi dari sini. Konsekuensi keuangan telah terjadi dan berlanjut menjadi cukup dramatis,” katanya.

NEWS.CGTN.COM