July 25, 2024

Palihapitiya: Jeff Bezos Adalah Investor Terbaik Melebihi Warren Buffet

1 min read

CEO Amazon Jeff Bezos.

Ameika Serikat – Miliarder Chamath Palihapitiya menilai CEO Amazon Jeff Bezos merupakan investor yang lebih baik daripada pemimpin Berkshire Hathaway Warren Buffet. Hal tersebut disampaikan Palihapitiya saat diwawancarai CNBC.

“Orang-orang biasa mengecam Jeff Bezos karena tidak menguntungkan. Tetapi ketika Anda melihat ke bawah tenda, dia adalah investor tunggal terbaik bagi generasi kami. Bahkan lebih baik daripada Buffet,” ujarnya.

“Dia mengambil miliaran dolar dari arus kas perusahaan untuk diinvestasikan kembali pada masa depan,” Palihapitiya melanjutkan.

Pada pendapatan kuartal pertama 2020, Bezos mengatakan kepada para investor bahwa Amazon berencana menggunakan perolehan laba pada triwulan kedua sekitar US$ 4 miliar. Anggaran tersebut rencananya akan digunakan terkait penanganan COVID-19, di mana untuk mengirimkan produk ke pelanggan dan menjaga keamanan karyawan.

Buffet justru melakukan langkah berbeda dengan Bezos. Menurut laporan pendapatan pada awal Mei, Berkshire membeli kembali sahamnya yang beredar di publik dengan anggaran US$ 1,7 miliar pada kuartal pertama 2020 lalu. Buffet berpendapat nilai dari pembelian saham kembali adalah ketika dilakukan dengan cara bertanggung jawab.

Palihapitiya setuju dengan pendapat Buffet. Untuk melakukan pembelian saham kembali harus dilakukan dalam kondisi yang tepat. “Keluar dari tahun 2020, apa yang harus kita sadari adalah, kita memiliki ekonomi yang sangat rapuh. Ekosistem perusahaan yang sangat rapuh dan terlalu berlebihan,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, menurut Palihapitiya, perlu menciptakan insentif bagi orang-orang untuk menabung dan berinvestasi di masa depan. “Ada kasus bisnis yang harus dibuat setiap perusahaan untuk menabung atau merencanakan masa depan. Dan, sebaliknya mengembalikannya secara acak ke pasar terbuka adalah salah satu keputusan bisnis paling bodoh yang Anda bisa buat,” kata dia.

BUSINESS INSIDER