June 18, 2024

Perusahaan Afiliasi MITI, Mutu International Siap Melantai di Bursa

3 min read

Jakarta – PT Mutuagung Lestari Tbk atau MUTU International (kode saham: MUTU), perusahaan di bidang jasa pengujian, inspeksi dan sertifikasi (testing, inspection, and certification) atau TIC berencana untuk mencatatkan sahamnya dalam Initial Public Offering (IPO) sebanyak 942.857.200 saham biasa atas nama, atau sebanyak-banyaknya 30% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor, dengan nilai nominal Rp 25 per saham. MUTU merupakan perusahaan afiliasi dengan PT Mitra Investindo Tbk (kode saham: MITI).

Menurut prospektus awal perseroan, harga penawaran saham kepada masyarakat akan berkisar antara Rp 105 hingga Rp 110 per saham. Dengan demikian, perseroan berpotensi mendapatkan dana segar sebesar Rp99.000.006.000 hingga Rp103.714.292.000 dari IPO tersebut. Selain IPO, perseroan juga akan menerbitkan 235.714.300 Waran Seri I. Waran Seri I ini akan menyumbang sebesar 10,71% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor perseroan sebelum pelaksanaan IPO.

Pemegang saham yang terdaftar dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada Tanggal Penjatahan (DPS Penjatahan) akan menerima Waran Seri I secara cuma-cuma dengan rasio 1 Waran Seri I untuk setiap 4 saham yang dimiliki. Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk menukar setiap 1 Waran menjadi 1 saham baru Perseroan dengan nilai nominal Rp 25. Pelaksanaan penukaran ini dilakukan dengan harga Rp 324 selama masa berlakunya pelaksanaan. Total nilai pelaksanaan Waran Seri I mencapai Rp 76.371.433.200.

PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk telah ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi efek untuk memfasilitasi aksi korporasi ini. Dari dana hasil IPO, sekitar 66% akan dialokasikan untuk keperluan Capital Expenditure (Capex) guna mengembangkan laboratorium Perseroan yang telah ada, serta membuka kantor cabang baru setelah mendapatkan akreditasi.

Afiliasi MITI

Melihat prospek IPO saham PT Mutuagung Lestari Tbk, patut dicermati oleh para investor dan pengamat pasar modal bahwa PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU) terafiliasi dengan PT Mitra Investindo Tbk (MITI), karena adanya kepemilikan saham oleh PT Inti Bina Utama di MITI, dan kepemilikan saham PT Inti Buana Utama di MUTU melalui PT Sentra Mutu Handal.

MITI merupakan emiten yang tercatat pada bursa efek sejak tahun 1997 yang telah bertransformasi menjadi perusahaan jasa transportasi pelayaran domestik dan logistik. Pada Desember 2022 lalu, MITI sukses menambah portofolio usaha pelayaran domestik, manajemen dan keagenan kapal, serta bongkar muat (stevedoring), melalui akuisisi PT Pelayaran Karana Line dan PT Karya Abdi Luhur. Akuisisi tersebut menandai masuknya PT Inti Bina Utama sebagai pengendali baru MITI, yang juga merupakan pemegang saham tidak langsung dari PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU).

Usai akuisisi tersebut, kinerja fundamental MITI pun meningkat signifikan yang terlihat dari pertumbuhan pendapatan tahun 2022 sebesar Rp121,88 miliar dan laba bersih sebesar Rp15,34 miliar, melonjak tajam dalam periode kuartal I-2023. MITI mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 69,12% menjadi Rp 84,25 miliar dibandingkan tahun buku 2022, sehingga mencatat pertumbuhan laba yang signifikan sebesar 296% atau senilai Rp 21,27 miliar. Market pun merespons positif terhadap kinerja keuangan MITI dan komitmen pengendali baru MITI dalam mengembangkan perusahaan MITI yang dapat terlihat pada kinerja saham MITI yang terus meningkat dari Rp 161 pada Desember 2022, dan kini hampir menyentuh Rp 300 pada 21 Juli 2023.

PT Mutuagung Lestari Tbk. atau dikenal sebagai MUTU International dalam industri TIC, merupakan perusahaan yang kredibel, terpercaya, dan terdepan. Dalam ekspose publik pada tanggal 13 Juli 2023, MUTU mengklaim memiliki sekitar 4.000 klien dari berbagai belahan dunia. MUTU International juga memiliki jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga akreditasi internasional maupun nasional seperti ISCC, MAFF, FOSFA, RSPO, ASI, JCM, USEPA, CARB, ISPO, dan LEI; serta Lembaga Pemerintah seperti KAN, KKP, Kemnaker, Kementan, KLHK, dan Kemenparekraf. MUTU International juga tercatat sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi gas rumah kaca (LVV) pertama di Indonesia. Berbekal dari jaringan pelanggan, mitra kerja, dan dukungan pengendali yang memiliki komitmen tinggi terhadap pengembangan usaha sebagaimana yang terlihat pada pengembangan usaha MITI, diharapkan PT Mutuagung Lestari Tbk. (MUTU) akan memiliki kinerja yang sama.