June 23, 2024

Menganyam Masa Depan, Bank Mandiri Gelar Program Mandiri Sahabat Desa di Morowali

2 min read

Morowali – Dalam upaya berkelanjutan untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup di pedesaan, Bank Mandiri bersama Kementerian BUMN konsisten mengadakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Kegiatan tersebut utamanya menyasar masyarakat pedesaan di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Melalui program bertajuk “Mandiri Sahabat Desa”, Bank Mandiri melakukan ragam bantuan sosial dan pelatihan bagi masyarakat. Kali ini, bank berlogo pita emas ini menyasar Desa Bungintende, Kecamatan Bungku Selatan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman menjelaskan, program ini dirancang untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di Tanah Air. Bantuan ini juga telah dilaksanakan oleh perseroan di beberapa desa lewat kolaborasi dengan Mandiri Amal Insani (MAI).

“Bank Mandiri percaya bahwa pemberdayaan dan perbaikan kesejahteraan sosial masyarakat khususnya di wilayah Desa merupakan salah satu langkah nyata untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia,” ujar Ali di Desa Bungitende, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Rabu (22/5).

Program ini lanjut Ali, sejalan dengan dengan strategi keberlanjutan Bank Mandiri, yang memberikan kontribusi secara langsung maupun tidak langsung pada 17 target Sustainable Development Goals (SDGs) melalui program TJSL.

Untuk itu, dalam program Mandiri Sahabat Desa, Bank Mandiri turut memberikan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan literasi keuangan di Desa Bungintende, serta merenovasi dan memperbaiki fasilitas air bersih untuk warga. Selain itu, Bank Mandiri juga turut membuktikan komitmen keberlanjutan dengan menyediakan bantuan paket penerangan panel surya sebanyak 40 unit untuk kebutuhan rumah warga, pompa air, penerangan jalan hingga fasilitas umum.

Lebih lanjut Ali menambahkan, dalam kerangka program ini, Bank Mandiri juga mengadakan bakti sosial dan bakti kesehatan bagi warga Desa Bungintende. Bantuan ini meliputi pemeriksaan gratis untuk masyarakat, pemberian 150 paket penanggulangan stunting dan 200 paket sembako.

“Seluruh inisiatif ini juga menjadi bagian dari Program Relawan Bakti BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Kami berharap inisiatif ini dapat membawa perubahan positif dan berkelanjutan bagi masyarakat,” tambah Ali.

Bank bersandi emiten BMRI ini menyebut, setiap desa di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk berkembang dan menjadi katalis pertumbuhan yang besar guna mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan. “Melalui program TSJL, Bank Mandiri berkomitmen kuat untuk mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan dan merata dan memastikan bahwa setiap sudut Tanah Air mendapat kesempatan yang sama untuk tumbuh dan maju,” pungkasnya.