February 26, 2024

Kejaksaan Agung Umumkan Hasil Akhir Seleksi CASN: 8.000 Talenta Terbaik Bangsa Lolos Jadi Insan Adhyaksa

2 min read

Jakarta – Kejaksaan Agung Republik Indonesia (RI) secara resmi mengumumkan hasil akhir Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun Anggaran 2023 melalui surat bernomor PENG-1/C/Cp.2/01/2024 mengenai Pengumuman Kelulusan Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dikeluarkan pada Jumat (5/1/2024). Adapun sekitar 8 ribuan putra-putri terbaik bangsa akan bergabung menjadi insan adhyaksa di Kejaksaan RI.

Seperti diketahui, pengumuman hasil seleksi CASN yang dilakukan oleh berbagai lembaga pemerintah ini berlangsung mulai tanggal 5 – 12 Januari 2024. Masa sanggah akan diberikan selama periode 13 – 15 Januari dan penetapan CPNS diusulkan dapat dilakukan pada 22 Februari – 22 Maret 2024.

Jaksa Agung Muda Pembinaan Dr. Bambang Sugeng Rukmono, S.H., M.H. selaku Ketua Pansel CASN Kejaksaan RI TA 2023 mengatakan, Kejaksaan langsung menyampaikan hasil pengumuman di hari pertama untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dan pelamar dapat segera memperoleh informasi yang dibutuhkan. Ia juga memastikan bahwa para peserta yang dinyatakan lulus telah menjalani serangkaian proses seleksi yang ketat, transparan dan akuntabel.

Hal tersebut telah menjadi komitmen awal kejaksaan untuk mendapatkan talenta-talenta terbaik yang berkualitas dan berintegritas dari seluruh pelosok Tanah Air. Talenta terbaik inilah yang akan menjadi tulang punggung Kejaksaan untuk memperkuat penegakan hukum dan menghadirkan keadilan bagi seluruh masyarakat.

“Kami ucapkan selamat kepada seluruh peserta yang berhasil lulus, selamat bergabung di Kejaksaan. Kami berpesan kepada calon adhyaksa-adhyaksa muda ini untuk senantiasa menjunjung tinggi integritas dan moralitas pada setiap tugas, fungsi, serta wewenang. Seorang adhyaksa juga harus mampu menghadirkan penegakan hukum yang tegas namun tetap mengedepankan sisi kemanusiaan,” kata Bambang.

Pada seleksi CASN periode ini Kejaksaan RI menempati posisi ketiga sebagai instansi dengan pelamar CPNS terbanyak, yakni mencapai 214.207 orang. Tahun ini tercatat ribuan pelamar CPNS untuk posisi Jaksa memiliki predikat cumlaude yang berasal dari berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Sementara jumlah pelamar Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) berjumlah 1.132 orang. Jumlah penerimaan CPNS di Kejaksaan tahun ini tersedia untuk 7.846 formasi dan CPPPK 249 formasi.

Bambang juga menyampaikan tingginya antusiasme masyarakat untuk ikut dalam seleksi CASN merupakan hasil kerja keras dari para jaksa di 33 wilayah Kejaksaan Tinggi serta dukungan dari berbagai lembaga pendidikan seperti kampus dan sekolah menengah atas yang telah ikut mendorong talenta-talenta terbaik di seluruh pelosok negeri untuk bergabung di Kejaksaan.

Soliditas yang telah ditunjukkan seluruh insan adhyaksa dalam proses rekrutmen CASN ini menjadi bukti kemampuan kejaksaan dalam mengoptimalkan seluruh potensinya.

“Terima kasih kepada para jaksa di seluruh wilayah Indonesia dan juga berbagai lembaga pendidikan, baik kampus maupun sekolah menengah atas yang ikut mendorong talenta-talenta terbaiknya untuk ikut dalam tes CASN tahun 2023. Talenta-talenta baru di Kejaksaan ini akan menjadi aset yang sangat penting untuk penegakan hukum nasional demi terwujudnya Indonesia yang maju dan berkeadilan untuk semua lapisan masyarakat,” tutup Bambang.