June 18, 2024

HUT ke-15, Inner City Perkuat Sinergi Pengelolaan Apartemen di Era New Normal

3 min read

Direktur Operasional ICM Krisdiarto Adipranoto (kiri) bersama General Manager Komunikasi dan Promosi ICM Adjit Lauhatta (kanan) sedang berbincang dengan Irwasda Polda Metro Jaya Kombes Pol Herukoco (tengah) di sela-sela acara perayaan Hari Ulang Tahun ICM ke-15 bertemakan “Apartemen Tangguh Jaya di Era New Normal Bersama ICM” yang digelar secara virtual di Balai Warga Apartemen Thamrin Residence, Jakarta, Rabu (31/3).

Jakarta – Inner City Management (ICM), perusahaan konsultan manajemen properti handal dan terkemuka, menyatakan komitmennya memperkuat sinergi dengan semua pemangku kepentingan dalam menanggulangi pandemi COVID-19 dan mendorong terciptanya apartemen tangguh di era new normal. Komitmen ini diungkapkan pada forum diskusi seiring perayaan HUT ICM ke-15 yang digelar secara virtual di Balai Warga Apartemen Thamrin Residence pada Rabu, 31 Maret 2021.

Direktur Utama ICM Noer Indradjaja mengatakan, lingkungan apartemen menjadi salah satu potensi klaster COVID-19 dengan risiko penularan tertinggi. Selain akibat padatnya penghuni, potensi penularan COVID-19 di apartemen juga terjadi karena banyaknya penghuni yang keluar masuk. Pola penyebaran wabah di apartemen umumnya berawal dari luar (imported case) kemudian dibawa ke keluarga (transmisi lokal). Menurut data Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, sekitar 40 persen dari penularan COVID-19 di DKI Jakarta berasal dari keluarga.

“Pertama-tama kami mengungkapkan rasa syukur karena telah 15 tahun membantu masyarakat menyediakan hunian vertikal yang aman dan nyaman. Seiring kematangan usia, ICM terus berkomitmen dan konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para penghuni, tenant, dan mitra perusahaan,” ungkap Noer.

Noer menegaskan, dinamika yang terjadi di era new normal memerlukan sinergi antara berbagai pihak untuk menekan angka positif COVID-19 di Indonesia. Salah satu implementasi komitmen ICM yakni bersinergi dengan pihak kepolisian di DKI Jakarta melalui program Apartemen Tangguh Jaya. Salah satu apartemen kelolaan ICM yang telah menjadi percontohan Program Apartemen Tangguh Jaya yaitu Apartemen Kalibata City.

“Dalam menghadapi era new normal, kami terus mendorong pengelolaan apartemen yang profesional sehingga mampu beradaptasi melalui penyesuaian kebijakan demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di apartemen sekaligus menciptakan hunian yang damai dan tenteram,” tegas Noer.

Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Herukoco menjelaskan, Program Apartemen Tangguh Jaya dibentuk melalui kolaborasi antara pengelola apartemen sebagai pembuat kebijakan dan penyedia fasilitas, penghuni atau tenant yang dituntut kesadaran menerapkan protokol kesehatan, serta pendampingan dan pengawasan pihak kepolisian agar program tersebut berjalan efektif.

“Apartemen Tangguh Jaya dibentuk sebagai upaya penanggulangan COVID-19 di lingkup komunitas. Kami menyadari bahwa penanggulangan pandemi merupakan tanggung jawab bersama sehingga kami menggandeng pengelola apartemen termasuk ICM untuk bersama-sama bergerak dalam menghadapi era new normal,” ungkapnya.

Direktur Operasional ICM Krisdiarto Adipranoto menjelaskan, ICM telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai arahan pemerintah di semua apartemen kelolaan sejak munculnya pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia. ICM telah menyediakan fasilitas dengan sistem touchless di pintu masuk lobby dan lift setiap apartemen, mengedukasi penghuni serta memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan terkait penerapan standard operating procedure (SOP) protokol kesehatan.

“Kami terus berupaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, di antaranya selalu mengimbau penghuni mencuci tangan sebelum memasuki kamar dan memastikan tetap menjaga jarak dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri secara menyeluruh,” tegasnya.

Krisdiarto menegaskan, ICM juga terus bergerak ke arah yang lebih baik dengan melakukan berbagai inovasi dan pengembangan pengelolaan hunian secara profesional. Inovasi tersebut antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) hingga menciptakan win-win solution dalam menciptakan basis pengelolaan teknologi informasi guna memberikan sistem pengelolaan profesional yang efektif, efisien, dan akuntabel.

“Sebagai perusahaan konsultan pengelola hunian yang mengedepankan profesionalisme, kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk menciptakan lingkungan hunian yang aman dan nyaman. Kami berharap seluruh penghuni apartemen kelolaan ICM dapat terus bersinergi dan bersatu memutus rantai penyebaran COVID-19 serta turut menciptakan lingkungan hunian yang aman dan nyaman untuk kita semua,” kata Krisdiarto.