July 25, 2024

BTN Syariah Raih The Best Islamic Project Finance House 2023 dari Euromoney

2 min read

Direktur Consumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Hirwandi Gafar tersenyum menerima penghargaan The Best Islamic Project Finance House 2023 yang diserahkan Middle East Editor Euromoney Elliot Wilson di acara Euromoney Awards of Excellence 2023 di Dubai, Rabu (21/6).

Dubai – Rekam jejak Unit Usaha Syariah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN Syariah) dalam memberikan pembiayaan di sektor perumahan sukses meraih penghargaan internasional The Best Islamic Project Finance House 2023. Penghargaan tersebut diraih di ajang Euromoney Awards or Excellence 2023 di Dubai.

Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan, sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Euromoney kepada BTN Syariah. Apresiasi positif tersebut menjadi angin segar bagi BTN Syariah di tengah upaya perseroan terus menyalurkan pembiayaan di sektor perumahan. “Kami akan terus memacu kinerja dan pelayanan BTN Syariah sehingga dapat lebih banyak memberikan manfaat bagi seluruh kelompok masyarakat Indonesia khususnya dalam membantu mereka memiliki rumah melalui skema syariah, termasuk para milenial,” ujar Hirwandi usai menerima penghargaan di Dubai, Rabu (21/6).

Menurut Hirwandi, penghargaan yang diberikan oleh lembaga internasional seperti Euromoney, dikarenakan peran BTN Syariah yang sangat signifikan dalam pembiayaan perumahan berbasis syariah di Indonesia.

BTN Syariah, lanjutnya, memberikan pembiayaan perumahan dari hulu ke hilir. Mulai dari pembiayaan pemilikan rumah (KPR) bagi seluruh kalangan seperti kaum milenial, kelas menengah, hingga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Hirwandi melanjutkan, fasilitas khusus yang disediakan BTN Syariah bagi milenial untuk memiliki rumah yakni BTN HITS (Hijrah to Syariah). Layanan KPR Unit Usaha Syariah (UUS) BTN juga menggunakan skema Musyarakah Mutanaqisah.

Skema tersebut membuat masyarakat dapat membayar angsuran secara berjenjang sesuai kesepakatan dengan Bank. Selain itu, BTN Syariah juga memberikan pembiayaan untuk kepemilikan lahan, kontruksi rumah, hingga untuk renovasi rumah.

Dengan berbagai strategi dalam pembiayaan perumahan tersebut, BTN Syariah sukses menguasai pasar di Indonesia. Per Desember 2022, BTN Syariah menguasai 81% pangsa pasar pembiayaan perumahan subsidi dibandingkan bank syariah lainnya di Indonesia. BTN Syariah juga terus menggelar berbagai inisiatif untuk meningkatkan pembiayaan perumahan subsidi mulai dari kerja sama berbasis komunitas hingga berkolaborasi dengan stakeholder.

Sementara itu, dengan seluruh kinerja dan inisiatif tersebut, UUS BTN mencatatkan pertumbuhan laba bersih dari akhir 2020 ke akhir 2022 (Compound Annual Growth Rate/CAGR) sebesar 57,2%. Pada periode tersebut, Aset BTN Syariah juga tumbuh positif (CAGR) sebesar 16,7%.