Pinasthika Creativestival XX: Ajang Kolaborasi dan Inovasi Besar di Industri Kreatif Kembali Digelar
2 min readYogyakarta – Pinasthika Creativestival XX, perhelatan bergengsi di industri periklanan dan kreatif Indonesia, kembali digelar dengan semangat baru pada 2024. Acara ini menjadi momentum pertemuan dan apresiasi untuk perusahaan agensi periklanan, desainer, dan pegiat industri kreatif. Diselenggarakan sejak 1999, Pinasthika kini menjadi wadah kolaborasi bagi 17 subsektor ekonomi kreatif yang terus berkembang.
Pada tahun ini, Pinasthika mengusung tema “Reflexion: Tuntun Brand Melesat, Tanpa Melupa Manfaat”, yang menggambarkan pentingnya keseimbangan antara pertumbuhan brand dan kontribusi positif bagi masyarakat. PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk berperan sebagai sponsor utama dalam Pinasthika Creativestival XX dan mendukung secara khusus kompetisi Creative Creator Award, yang merupakan salah satu program unggulan acara ini.
Chairman Pinasthika Creativestival Rizal Kasim mengungkapkan Pinasthika lebih dari sekadar event tahunan. Ini adalah gerakan untuk merayakan kejeniusan ide dan kreativitas industri kreatif. “Pinasthika menjadi hub bagi aktor di industri kreatif seperti advertising agency, design studio, media & IP, Creator, Community dan Universiti untuk kolaborasi,” ujarnya belum lama ini.
Ada tiga Program Utama Pinasthika Creativestival XX yaitu Main Program: Awarding dengan rangkaian Penghargaan untuk kategori Advertising & Design, Ad Student & Young Video Director, The Most Creative Campus Award, dan Creative Creator Award.
Kedua, Supporting Program #1: Learning dengan rangkaian seminar kreatif, workshop, dan sesi eksekutif yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para peserta. Terakhir, Supporting Program #2: Networking dengan kegiatan interaktif seperti roadshow Pinasthika, galeri kreatif, talkshow komunitas & creator, serta sesi “Brand & Agency Speed Dating”.
Rangkaian kegiatan Pinasthika Creativestival XX telah dimulai sejak September, dengan acara puncak yang akan diselenggarakan pada 21-22 November 2024 di Yogyakarta. Kegiatan ini diharapkan menjadi platform kolaboratif yang mempertemukan aktor-aktor kreatif, agensi, mahasiswa, komunitas, dan media untuk membahas tren, teknologi, dan tantangan terbaru di dunia periklanan dan ekonomi kreatif.
Dukungan Utama Bank BSI untuk Creative Creator Award
Sebagai sponsor utama, Bank BSI turut serta mendukung Creative Creator Award, kompetisi yang dirancang untuk menciptakan konten video berdasarkan brief tema tertentu. Kompetisi ini mengharuskan peserta memiliki minimal 1.000 pengikut di Instagram atau TikTok, yang akan memperebutkan hadiah total senilai Rp 40 juta. Enam pemenang akan dipilih, terdiri dari tiga pemenang utama dan tiga finalis favorit.
Direktur Utama Bank BSI Herry Gunardi mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya bagi pelaku industri kreatif. “Peranan BSI akan makin intens dalam memberdayakan komunitas kreatif dan mendorong kolaborasi antara pelaku bisnis syariah dengan komunitas kreatif,” ujarnya.